1. PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
CSR adalah sebuah pendekatan dimana perusahaan
mengintegrasikan kepedulian sosial dalam operasi bisnis mereka dan dalam
interaksi merekadengan para pemangku kepentingan (stakeholders) berdasarkan
prinsip kesukarelaan dan kemitraan (Nuryana, 2005).
Sedangkan menurut Schermerhorn (1993) memberi
definisi CSR sebagai suatu kepedulian organisasi bisnis untuk bertindak dengan
cara-cara mereka sendiri dalam melayani kepentingan organisasi dan kepentingan
publik eksternal.
CSR secara umum diartikan sebagai kumpulan kebijakan
dan praktek yang berhubungan dengan stakeholder, nilai-nilai, pemenuhan
ketentuan hukum, penghargaan masyarakat dan lingkungan; serta komitmen dunia
usaha untuk berkontribusi dalam pembangunan secara berkelanjutan ,Corporate
Social Responsibility (CSR) tidak hanya merupakan kegiatan karikatif perusahaan
dan tidak terbatas hanya pada pemenuhan aturan hukum semata.
2. TEORI
2.1
PENGERTIAN CSR
Banyak perusahaan yang memilih program CSR di bidang
edukasi. Program seperti ini kebanyakan memfokuskan pada edukasi bagi generasi
mendatang, pengembangan kewirausahaan, pendidikan finansial, maupun
pelatihan-pelatihan. PT. Astra International Tbk, misalnya,telah membentuk
Politeknik Manufaktur Astra, yang menelan dana puluhan milyar. Selain itu, ada
jugaprogram dari HM Sampoerna untuk mengembangkanpendidikan melalui Sampoerna
Foundation, untuk program ini, Sampoerna sendiri telah mengucurkan dana tak
kurang dari 47 milliar:
Corporate Social Responsibility dan Pekerjaan Sosial
Industri
Keterkaitan antara PSI dan CSR didorong oleh
terjadinya kecenderungan pada masyarakat industry yang dapat disingkat sebagai
fenomena DEAF (yangdalam Bahasa Inggris berarti tuli) sebuah akronim dari
Dehumanisasi, Equalisasi, Aquariumisasi, dan Feminisasi:
> Dehumanisasi industri.
Efisiensi dan mekanisasi yang semakin menguatdi
dunia industri telah menciptakan persoalanpersoalan kemanusiaan baik bagi
kalangan buruh diperusahaan tersebut, maupun bagi masyarakat di sekitar
perusahaan. “Merger mania” dan perampingan perusahaan telah menimbulkan
gelombang Pemutusan Hubungan Kerja dan pengangguran, ekspansi dan eksploitasi
dunia industri telah melahirkan polusidan kerusakan lingkungan yang hebat.
> Equalisasi hak-hak publik.
Masyarakat kini semakin sadar akan haknya untuk
meminta pertanggungjawaban perusahaan atas berbagai masalah sosial yang
seringkali ditimbulkan oleh beroperasinya perusahaan. Kesadaran ini
semakinmenuntut akuntabilitas (accountability) perusahaan bukan saja dalam
proses produksi, melainkan pula dalam kaitannya dengan kepedulian perusahaan
terhadap berbagai dampak sosial yang ditimbulkannya.
> Aquariumisasi dunia industri.
Dunia kerja kini semakin transparan dan terbuka
laksana sebuah akuarium. Perusahaan yang hanya memburu rente ekonomi dan
cenderung mengabaikan hukum, prinsip etis dan filantropis tidak akanmendapat
dukungan publik. Bahkan dalam banyakkasus, masyarakat menuntut agar perusahaan
seperti ini ditutup.
> Feminisasi dunia kerja.
Semakin banyaknya wanita yang bekerja menuntut
penyesuaian perusahaan bukan saja terhadap lingkungan internal organisasi,
sepertipemberian cuti hamil dan melahirkan, keselamatan dan kesehatan kerja.
2.2 FUNGSI
ATAU PERAN STRATEGIS CSR
CSR memiliki fungsi atau peran strategis bagi
perusahaan, yaitu sebagai bagian dari manajemen risiko khususnya dalam
membentuk katup pengaman sosial (social security). Selain itu melalui CSR perusahaan juga dapat membangun reputasinya,
seperti meningkatkan citra perusahaan maupun pemegang sahamnya, posisi merek
perusahaan, maupun bidang usaha perusahaan.
2.3 MANFAAT
CSR
Berikut ini adalah manfaat CSR bagi masyarakat:
1.Meningkatknya kesejahteraan masyarakat sekitar dan
kelestarian
lingkungan.
2. Adanya beasiswa untuk anak tidak mampu di daerah
tersebut.
3. Meningkatnya pemeliharaan fasilitas umum.
4. Adanya pembangunan desa/fasilitas masyarakat yang
bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat banyak khususnya masyarakat yang
berada di sekitar perusahaan tersebut berada.
Berikut ini adalah manfaat CSR bagi perusahaan:
1.
Meningkatkan citra perusahaan.
2.
Mengembangkan kerja sama dengan perusahaan lain.
3.
Memperkuat brand merk perusahaan dimata masyarakat.
4.
Membedakan perusahan tersebut dengan para pesaingnya.
5.
Memberikan inovasi bagi perusahaan
3. HYPERMART
Perjalanan Hypermart merintis langkahnya di
Indonesia tak bisa dikatakan singkat. Mulai beroperasi pada 2004, Hypermart
yang kala itu hadir sebagai peritel paling bungsu, mengejar ketertinggalannya
untuk menunjukkan kepada publik: Inilah peritel asli Indonesia yang lahir dari
Bumi Pertiwi dan mampu bersaing dengan peritel asing.
Kini, di usianya yang ke-10 Hypermart ingin
menunjukkan bahwa keinginannya menjadi No.1 Multi Format Food Retail di
Indonesia bukanlah sebuah mimpi semata. Di usia yang masih muda, Hypermart
menjadi hypermarket pertama yang berhasil membuka gerai ke-100 di Indonesia.
4. ANALISIS
CSR HYPERMART INDONESIA
- · Hypermart menyerahkan Donasi Pelanggan ke yayasan Kanker Indonesia. Penyerahan donasi dilakukan secara simbolis leh Direktur Public Relation MFD, Danny Kojongian kepada Ketua Dewan Pembina Yayasan Kanker Indonesia, Ibu Karlinah Umar Wirahadikusumah disaksikan oleh Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia, Prof.DR.Dr.Nila Moeloek, Sp.M(K) pada acara Perayaan HUT ke 37 Yayasan Kanker Indonesia, 22 April 2104.
- · Dalam rangka memperingati hari Pelanggan Nasional yang diperingati setiap tanggal 4 September, Hypermart turut serta berpatisipasi dalam acara parade simpatik, pada hari Minggu tanggal 1 September 2013 di Bundaran Indonesia. Keikutsertaan Hypermart sebagai bentuk komitmen dan rasa terima kasih terhadap para pelanggan yang telah memberikan kepercayaan selama ini dan menjadikan Hypermart sebagai pilihan tempat belanja keluarga Indonesia selama lebih dari 9 tahun. Program ini juga didukung oleh organisasi muslim seperti Majelis Taklim , Dompet Dhuafa, Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU, Rumah Yatim, dan Ustadz Zacky Mirza, dan ritel modern Hypermart.
- · Hypermart bersama Dompet Dhuafa melaunching program infak via kasir di Atrium Mall Cibubur Junction, Kamis 11 Juli 2013. Program infak via kasir Hypermart tahun 2013 merupakan program tahun ke-8 kerjasama Dompet Dhuafa dan PT. Matahari Putra Prima, Tbk.
- Seremonial dukungan 1000 Pampers bekerjasama dengan hypermart, Rumah Zakat, Mother&Baby, Good Housekeeping dan 90.4 Cosmopolitan FM di Kampung Duri Semanan, Kalideres - Jakarta Barat.
- · Hypermart menyerahkan Donasi uang kembalian untuk korban banjir melalui OBI (Obor Berkat Indonesia).
- · Sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama, Hypermart dan P&G berkolaborasi menyelenggarakan ‘Program CSR Anak’. Sejak lama Hypermart telah menggagas program CCS (Children, Community dan Supplier), salah satu bagian dari program kepedulian Hypermart yang meliputi bidang kesejahteraan, sosial dan lingkungan di Indonesia.
- · Menandai perayaan Idul Adha atau Idul Kurban, Hypermart dan kecap Bango berbagi suka cita dengan membagikan daging kurban kepada masyarakat di Masjid Luar Batang, Pluit, Jakarta Utara, Minggu (6/11).
- · Program CCS (Children, Community dan Supplier) adalah salah satu bagian dari program kepedulian Hypermart yang meliputi bidang kesejahteraan, sosial, dan pemberdayaan ekonomi di Indonesia.
- Salah satu program Hypermart yang terfokus pada pemberdayaan ekonomi adalah peluncuran program “Pojok Demo Sahabat UKM” yang bekerjasama dengan Kementrian Perdagangan melalui Pusat Dagang Kecil dan Menengah (PDKM), yang juga tergabung dalam APRINDO (Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia). Salah satu contohnya adalah Dhini, yang merasa senang dan bangga atas kesempatan bermitra dengan Hypermart. Tujuan utama dari program tersebut adalah meningkatkan kompetensi dan kapasitas UKM dalam dunia usaha. Hingga kini Hypermart telah menjadi mitra bagi sekitar 900 UKM.
http://www.hypermart.co.id/id/berita/kategori/8-perusahaan
saya memberikan pujian kepada mr pedro cukup atas bantuannya dalam mengamankan pinjaman untuk membeli rumah baru kami untuk keluarga kami. pedro adalah kekayaan informasi dan dia membantu mendidik saya dan keluarga saya mengapa pinjaman rumah adalah pilihan terbaik untuk situasi khusus kami. setelah berunding dengan pedro jerome dan penasihat keuangan kami semua orang setuju bahwa pinjaman rumah adalah solusi yang tepat. Anda dapat menghubungi mr pedro jerome jika Anda juga mencari pinjaman apa pun di email / email whatsapp: pedroloanss@gmail.com whatsapp: +1-8632310632
BalasHapus