Sabtu, 08 Oktober 2016

Analisis CSR HYPERMART

1. PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG

CSR adalah sebuah pendekatan dimana perusahaan mengintegrasikan kepedulian sosial dalam operasi bisnis mereka dan dalam interaksi merekadengan para pemangku kepentingan (stakeholders) berdasarkan prinsip kesukarelaan dan kemitraan (Nuryana, 2005).

Sedangkan menurut Schermerhorn (1993) memberi definisi CSR sebagai suatu kepedulian organisasi bisnis untuk bertindak dengan cara-cara mereka sendiri dalam melayani kepentingan organisasi dan kepentingan publik eksternal.

CSR secara umum diartikan sebagai kumpulan kebijakan dan praktek yang berhubungan dengan stakeholder, nilai-nilai, pemenuhan ketentuan hukum, penghargaan masyarakat dan lingkungan; serta komitmen dunia usaha untuk berkontribusi dalam pembangunan secara berkelanjutan ,Corporate Social Responsibility (CSR) tidak hanya merupakan kegiatan karikatif perusahaan dan tidak terbatas hanya pada pemenuhan aturan hukum semata.

2.  TEORI

2.1  PENGERTIAN CSR

Banyak perusahaan yang memilih program CSR di bidang edukasi. Program seperti ini kebanyakan memfokuskan pada edukasi bagi generasi mendatang, pengembangan kewirausahaan, pendidikan finansial, maupun pelatihan-pelatihan. PT. Astra International Tbk, misalnya,telah membentuk Politeknik Manufaktur Astra, yang menelan dana puluhan milyar. Selain itu, ada jugaprogram dari HM Sampoerna untuk mengembangkanpendidikan melalui Sampoerna Foundation, untuk program ini, Sampoerna sendiri telah mengucurkan dana tak kurang dari 47 milliar:

Corporate Social Responsibility dan Pekerjaan Sosial Industri
Keterkaitan antara PSI dan CSR didorong oleh terjadinya kecenderungan pada masyarakat industry yang dapat disingkat sebagai fenomena DEAF (yangdalam Bahasa Inggris berarti tuli) sebuah akronim dari Dehumanisasi, Equalisasi, Aquariumisasi, dan Feminisasi:

> Dehumanisasi industri.

Efisiensi dan mekanisasi yang semakin menguatdi dunia industri telah menciptakan persoalanpersoalan kemanusiaan baik bagi kalangan buruh diperusahaan tersebut, maupun bagi masyarakat di sekitar perusahaan. “Merger mania” dan perampingan perusahaan telah menimbulkan gelombang Pemutusan Hubungan Kerja dan pengangguran, ekspansi dan eksploitasi dunia industri telah melahirkan polusidan kerusakan lingkungan yang hebat.

> Equalisasi hak-hak publik.

Masyarakat kini semakin sadar akan haknya untuk meminta pertanggungjawaban perusahaan atas berbagai masalah sosial yang seringkali ditimbulkan oleh beroperasinya perusahaan. Kesadaran ini semakinmenuntut akuntabilitas (accountability) perusahaan bukan saja dalam proses produksi, melainkan pula dalam kaitannya dengan kepedulian perusahaan terhadap berbagai dampak sosial yang ditimbulkannya.

> Aquariumisasi dunia industri.

Dunia kerja kini semakin transparan dan terbuka laksana sebuah akuarium. Perusahaan yang hanya memburu rente ekonomi dan cenderung mengabaikan hukum, prinsip etis dan filantropis tidak akanmendapat dukungan publik. Bahkan dalam banyakkasus, masyarakat menuntut agar perusahaan seperti ini ditutup.

> Feminisasi dunia kerja.

Semakin banyaknya wanita yang bekerja menuntut penyesuaian perusahaan bukan saja terhadap lingkungan internal organisasi, sepertipemberian cuti hamil dan melahirkan, keselamatan dan kesehatan kerja.

2.2  FUNGSI ATAU PERAN STRATEGIS CSR

CSR memiliki fungsi atau peran strategis bagi perusahaan, yaitu sebagai bagian dari manajemen risiko khususnya dalam membentuk katup pengaman sosial (social security).   Selain itu melalui CSR  perusahaan juga dapat membangun reputasinya, seperti meningkatkan citra perusahaan maupun pemegang sahamnya, posisi merek perusahaan, maupun bidang usaha perusahaan.

2.3  MANFAAT CSR

Berikut ini adalah manfaat CSR bagi masyarakat:
1.Meningkatknya kesejahteraan masyarakat sekitar dan kelestarian
lingkungan.
2. Adanya beasiswa untuk anak tidak mampu di daerah tersebut.
3. Meningkatnya pemeliharaan fasilitas umum.
4. Adanya pembangunan desa/fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat banyak khususnya masyarakat yang berada di sekitar perusahaan tersebut berada.

Berikut ini adalah manfaat CSR bagi perusahaan:

1.      Meningkatkan citra perusahaan.
2.      Mengembangkan kerja sama dengan perusahaan lain.
3.      Memperkuat brand merk perusahaan dimata masyarakat.
4.      Membedakan perusahan tersebut dengan para pesaingnya.
5.      Memberikan inovasi bagi perusahaan

3.  HYPERMART

Perjalanan Hypermart merintis langkahnya di Indonesia tak bisa dikatakan singkat. Mulai beroperasi pada 2004, Hypermart yang kala itu hadir sebagai peritel paling bungsu, mengejar ketertinggalannya untuk menunjukkan kepada publik: Inilah peritel asli Indonesia yang lahir dari Bumi Pertiwi dan mampu bersaing dengan peritel asing.

Kini, di usianya yang ke-10 Hypermart ingin menunjukkan bahwa keinginannya menjadi No.1 Multi Format Food Retail di Indonesia bukanlah sebuah mimpi semata. Di usia yang masih muda, Hypermart menjadi hypermarket pertama yang berhasil membuka gerai ke-100 di Indonesia.

4.  ANALISIS CSR HYPERMART INDONESIA

  • ·         Hypermart menyerahkan Donasi Pelanggan ke yayasan Kanker Indonesia. Penyerahan donasi dilakukan secara simbolis leh Direktur Public Relation MFD, Danny Kojongian kepada Ketua Dewan Pembina Yayasan Kanker Indonesia, Ibu Karlinah Umar Wirahadikusumah disaksikan oleh Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia, Prof.DR.Dr.Nila Moeloek, Sp.M(K) pada acara Perayaan HUT ke 37 Yayasan Kanker Indonesia, 22 April 2104.




  • ·         Dalam rangka memperingati hari Pelanggan Nasional yang diperingati setiap tanggal 4 September, Hypermart turut serta berpatisipasi dalam acara parade simpatik, pada hari Minggu tanggal 1 September 2013 di Bundaran Indonesia. Keikutsertaan Hypermart sebagai bentuk komitmen dan rasa terima kasih terhadap para pelanggan yang telah memberikan kepercayaan selama ini dan menjadikan Hypermart sebagai pilihan tempat belanja keluarga Indonesia selama lebih dari 9 tahun. Program ini juga didukung oleh organisasi muslim seperti Majelis Taklim , Dompet Dhuafa, Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU, Rumah Yatim, dan Ustadz Zacky Mirza, dan ritel modern Hypermart.

  • ·         Hypermart bersama Dompet Dhuafa melaunching program infak via kasir di Atrium Mall Cibubur Junction, Kamis 11 Juli 2013. Program infak via kasir Hypermart tahun 2013 merupakan program tahun ke-8 kerjasama Dompet Dhuafa dan PT. Matahari Putra Prima, Tbk.

  • Seremonial dukungan 1000 Pampers bekerjasama dengan hypermart, Rumah Zakat, Mother&Baby, Good Housekeeping dan 90.4 Cosmopolitan FM di Kampung Duri Semanan, Kalideres - Jakarta Barat.

  • ·         Hypermart menyerahkan Donasi uang kembalian untuk korban banjir melalui OBI (Obor Berkat Indonesia).

  • ·         Sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama, Hypermart dan P&G berkolaborasi  menyelenggarakan ‘Program CSR Anak’. Sejak lama Hypermart telah menggagas program CCS (Children, Community dan Supplier), salah satu bagian dari program kepedulian Hypermart yang meliputi bidang kesejahteraan, sosial dan lingkungan di Indonesia.

  • ·         Menandai perayaan Idul Adha atau Idul Kurban, Hypermart dan kecap Bango berbagi suka cita dengan membagikan daging kurban kepada masyarakat di Masjid Luar Batang, Pluit, Jakarta Utara, Minggu (6/11).

  • ·         Program CCS (Children, Community dan Supplier) adalah salah satu bagian dari program kepedulian Hypermart yang meliputi bidang kesejahteraan, sosial, dan pemberdayaan ekonomi di Indonesia.

  • Salah satu program Hypermart yang terfokus pada pemberdayaan ekonomi adalah peluncuran program  “Pojok Demo Sahabat UKM” yang bekerjasama dengan Kementrian Perdagangan melalui Pusat Dagang Kecil dan Menengah (PDKM), yang juga tergabung dalam APRINDO (Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia). Salah satu contohnya adalah Dhini, yang merasa senang dan bangga atas kesempatan bermitra dengan Hypermart. Tujuan  utama dari program tersebut adalah meningkatkan kompetensi dan kapasitas UKM dalam dunia usaha. Hingga kini Hypermart telah menjadi mitra bagi sekitar 900 UKM.

http://www.hypermart.co.id/id/berita/kategori/8-perusahaan




1 komentar:

  1. saya memberikan pujian kepada mr pedro cukup atas bantuannya dalam mengamankan pinjaman untuk membeli rumah baru kami untuk keluarga kami. pedro adalah kekayaan informasi dan dia membantu mendidik saya dan keluarga saya mengapa pinjaman rumah adalah pilihan terbaik untuk situasi khusus kami. setelah berunding dengan pedro jerome dan penasihat keuangan kami semua orang setuju bahwa pinjaman rumah adalah solusi yang tepat. Anda dapat menghubungi mr pedro jerome jika Anda juga mencari pinjaman apa pun di email / email whatsapp: pedroloanss@gmail.com whatsapp: +1-8632310632

    BalasHapus